Uncategorized
Kurikulum Sekolah Alam
Selain mengacu pada Kurikulum 2013 yang terintegrasi dengan KDI/KDII, Sekolah Alam Le Cendekia sebagai anggota Jaringan Sekolah Alam Nusantara (JSAN) terus konsisten dalam mengembangkan 4 pilar berikut ini dalam proses pendidikan, yakni :
Pendidikan akhlak. Pendidikan dengan ruang lingkup yang sangat luas, mencakup seluruh aspek kehidupan anak didik, nilai akhlak baik secara vertikal yaitu dengan Tuhan, dan juga secara horizontal yaitu dengan sesama makhluk ciptaan Tuhan. Mereka melalui keteladan yang baik baik dari para guru, serta belajar dari kisah-kisah teladan para nabi dan rasul serta para sahabat Nabi.
Logika ilmiah. Dirancang dan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan siswa akan kegiatan pembelajaran yang memperhatikan pertumbuhan logika dan analisis peserta didik, serta kemampuan berpikir kritis. Untuk pengembangan aspek ini, terdapat mata pelajaran khusus, yakni logika dan problem solving.
Kepemimpinan. Pembelajaran leadership dimaksudkan agar setiap siswa dapat memiliki karakter kuat dalam proses persiapan guna menjadi pemimpin yang berkualitas kelak. Terdapat mata pelajaran khusus untuk mengembangan kemampuan leadership para warga belajar.
Bisnis. Seluruh warga belajar diberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan wirausaha, dengan peminatan yang beragam, setelah sebelumnya mereka belajar dalam aktifitas home economy dan berbagai kegiatan life skill. Untuk mendukungnya, sekolah memberikan modal awal kepada setiap siswa di awal semester 2 untuk dikelola, dan menyiapkan outlet berupa toko yang terletak di sebuah kawasan bisnis untuk mendisplay produk yang dihasilkan.
Kurikulum sekolah alam dikembangkan dengan memberikan pengALAMan sebanyak-banyaknya kepada warga belajar untuk berinteraksi dengan alam sekitarnya. Pemahaman berbagai konsep pengetahuan, dibangun dengan cara melakukannya secara langsung, mereka belajar bersama alam.